Jumat, 02 Oktober 2020

Serba Serbi Minuman

Minum rebusan teh jahe

Okober 02, 2020

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....???ma saya : Emidarwati

Guru di salah satu Pesantren Di Tanah Datar, tepatnya Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas yang memiliki 4 sekolah yang siswanya Boarding School/diasramakan.

Sekolahnya ada SMA dan SMP 2 sekolah SMP yaitu SMP Excellen Nurul Ikhlas dan SMP Intensif Nurul Ikhlas dan 2 SMA yaitu SMA Excellen Nurul Ikhlas dan SMP Intensif Nurul Ikhlas

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingg saya saya bisa ikut Webinat ini dengan Pemateri OmJay dan kawan kawan dengan Judul " Membuat Blog itu mudah". Dengan keterbatasan pengalaman TIK saya sebagai pemula dari awal belajar sampai sekarang masih belum banyak memahaminya tentang Blog, tetapi saya tetap berjuang untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan walaupun jauh dari sempurna. Ini adalah tugas yang kedua saya dan saya coba menulis dengan tulisan yang baru lagi untuk melengkapi tugas kedua dengan menggunakan beberapa kriteria dari ketentuan penulisan.

Pada tulisan ini saya akan membahas tentang “ Minuman Teh Jahe”


Jahe adalah jenis makanan akar yang memiliki rasa pedas dan terasa hangat apabila dikonsumsi. Tanaman yang diperkirakan berasal dari India ini telah banyak dibudidayakan di berbagai negara seperti di Indonesia, India, Tiongkok dan negara-negara Afrika. Jahe merupakan tanaman rimpang ang tumbuhnya menjalar dibawah permukaan tanah serta dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya.

Jahe yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia ini dapat dikonsumsi secara segar maupun ditambahkan berbagai hidangan makanan sebagai penambah cita rasa makanan serta diolah menjadi jamu, dodol jahe, permen jahe, selai jahe dan teh jahe.
Baca juga. Dalam bahasa Inggris, Jahe disebut dengan 
Ginger sedangkan dalam bahasa Ilmiahnya disebut dengan Zingiber officinale. Jahe termasuk dalam keluarga Zingiberaceae (temu-temuan).  Di pasaran, pada umumnya kita dapat menemukan beberapa jenis jahe yaitu jahe gajah atau jahe badak, jahe kuning dan jahe merah


Kandungan Gizi Jahe (Ginger)

Jaher atau Ginger mengandung berbagai nutrisi atau gizi serta mineral dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah nutrisi-nutrisi atau gizi dan mineral yang dikandung oleh Jahe.

Jenis Nutrisi / Gizi

Kandungan

AKG%

Kalori

80kcal

Karbohidrat

17,77g

Air

78,89g

Protein

1,82g

Gula

1,7g

Serat

1,7g

Lemak

0,75g

Vitamin A

0µg

Vitamin C

5mg

6%

Vitamin D

0µg

 

 

 

Vitamin E

0mg

Vitamin B1 (Thiamine)

0,025mg

2%

Vitamin B2 (Riboflavin)

0,034mg

3%

Vitamin B3 (Niacin)

0,75mg

5%

Vitamin B5 (Panthothenic acid)

0,203mg

4%

Vitamin B9 (Folat)

11µg

3%

Kalsium

16mg

2%

Zat Besi

0,6mg

5%

Magnesium

43mg

12%

Fosfor

34mg

5%

Potassium (Kalium)

415mg

9%

Sodium

13mg

1%

Seng (Zinc)

0,34mg

4%

 

 

 

 


Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat Jahe bagi kesehatan tubuh kita.

1. Membantu mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian menunjukan bahwa Jahe memiliki senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan dan pengembangbiakan sel kanker pada usus besar dan sel-sel kanker pada lambung, pankreas dan kanker hati.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Jahe memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam membantu kelancaran sistem pencernaan terutama dalam hal membersihkan usus besar, memperlancar buang air besar dan membuang gas yang beracun. Karena memilliki khasiat-khasiat ini, Jahe sering dijadikan obat alami dalam mengobati penyakit asam lambung (GERD) dan Sembelit.

3. Meredakan Rasa Mual

Penelitan menunjukan bahwa beberapa Kandungan yang terdapat didalam Jahe dapat secara efektif meredakan rasa mual seperti morning sickness, mabuk perjalanan dan mual pasca operasi.

4. Mengendalikan Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Senyawa tumbuhan tertentu yang terkandung di dalam Jahe dapat membantu mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan cara mencegah gumpalan darah terbentuk di arteri dan pembuluh darah. Kandungan dalam Jahe tersebut juga dapat menurunkan kadar kolesterol  darah secara keseluruhan terutama kadar kolesterol LDL yang biasanya kita sebut dengan kolesterol jahat.

5. Menghilangkan Bau Mulut

Air Jahe juga dapat menghilangkan bau mulut. Vitamin C yang terkandung dalam Jahe ini dapat membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut. Caranya adalah dengan mencampurkan satu senduk air jahe ke dalam air hangat dan kumur selama beberapa menit.

6. Mengurangi Pembengkakan dan Peradangan

Gingerol yang dikandung oleh Jahe merupakan senyawa anti peradangan atau anti-inflamasi yang sangat ampuh. Kandungan tersebut dapat mengurangi gejala pembengkakan dan peradangan serta meredakan rasa nyeri di sendi dan otot.

Sumber referensi : Data Kandungan Gizi Jahe ini dikutip dari situs USDA (United States Department of Agriculture) sedangkan Manfaat Jahe bagi Kesehatan dirangkum dari berbagai sumber.

Jadi dengan berbagai manfaat tersebut alangkah lebih baik kita mengkonsumsi teh jahe dalam sajian hangat, pengalaman saya saat kondisi aga capek dan lelah saya sering meminum teh Jahe dalam sajian hangat.

 Dengan komposisi :

1 cm jahe

I teh saset

1 sdm gula pasir

Caranya :

1.Jahe dicuci dan dikupas kemudian dipotong menjadi 2 potogan saja dan direbus dengan air kira-kira 250 cc dan dimasak sampai mendidih.

2.Siapkan gelas dan masukkan gula 1 sdm dan teh 1 saset terserak merk apa saja

3.Air yang sudah mendidih dimasukkan kedalam gelas tadi dan diaduk rata. dan boleh ditambah sedikit kayumanis untuk aroma segar dan wangi jika menyukainya, diminum pada suhu airnya hangat.

 Alhamdulillah beberapa saat kemudian kita merasakan badan kita hangat dan berenergi.






Demikianlah penjelasan dari manfaat teh jahe silahkan mencoba bapak dan ibuk yang lumayan sibuk dengan berbagai aktivitas caraya mudah sekali dan bermanfaat untuk kesehatan kita.

Saya mengucapkan terimakasih kepada Om Jay dan pemateri lainnya yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan saya sebagai pemula dalam membuat tulisan pada sebuah Blog.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar