Rabu, 07 Oktober 2020

Kisah Penulis Inovatif


Resume Sesi Kedua

Menerbitkan Sebuah Buku

Hari Rabu tgl 07 Oktober2020 jam 19.00

DenganModerator Ibuk Buk Sri Sugiastuti

Dan Nara Sumber Bapak Mukminin

Biodata beliau pada Blog beliau dengan Cak Inin Blog

Bapak Mukminin, S.Pd. Lahir di Jombang, 6 Juli 1965. Lulus D2 IKIO Negeri Surabaya tahun 1987. Lulus S1 IKIP PGR Tuban tahun 1998. Lulus S2 UNISDA Lamongan 2012. Jurusan bahasa dan Satra Indonesia.

Pekerjaan :

1.     Guru PNS di SMP I Kedungpring Lamongan sejak 1989-2020 (31 th) sampai sekarang.

2.     Konsultan Umroh dan haji Plus PT. ARMINAREKA PERDANA CABANG LAMONGAN

3.      Penulis buku di Usia 55 tahun

4.      Penerbit buku Kamila Press

Hobinya :

1.      Membaca dan menulis

2.      Berorganisasi

Dalam pembahasan ke dua ini beliau tidak memberikan materi hanya sharing saja, tentang menulis buku. Beliau menyampaikan.

Kapan belajar menulis, kapan menerbitkan buku, mengapa saya harus menulis dan kapan saya berani menerbitkan buku teman-teman yang belajar menulis bersama Om Jay .

Dari materi yang disampaikan yang bisa saya resume adalah :

1.        Membuat sebuah tulisan kita harus membuat kata-kata bijak yang akan mengantarkan dan memotivasi kita untuk menyelesaikan sebuah tulisan tersebut.

2.        Harus membagun kemauan yang tinggi, keinginan dan keyakinan yang tinggi untuk bisa mencoba tidak ada rasa ragu dalam membuat sebuah tulisan. Motivasi beliau Belajar dan mengembangkan kualitas diri “tidak ada kata kata terlambat untuk menjadi seorang penulis.

3.         Punya keyakinan bisa menulis apa saja bentuknya,tulis saja apa yg bisa, cerpen, puisi, pantun, artilkel atau cerita, kisah perjalanan.

4.        Dalam menulis jgn takut salah tidak ada tulisan salah lanjut saja sampai selesai ceritanya. Baru kita baca lagi sambil mengedit. Jika ada yang salah Biarkan dulu. Ada waktu baca lagi kita benahi lagi, sdh mantab betul silakan di-posting di blogg ibu. Kirim ke WAG spy teman bisa menaggapi. Dan percayalah bisa menulis dulu. Lama2 akan lancar

5.        Sering baca buku, dan tolong sering kunjung ke blog tmn blog working itu penting. Oh ternyata begini resume yg baik, tulisan yg baik. Dan jangan lupa meninggalkan jejak.

Beliau memasuki usia 54 tahun keinginan menulis semakin kuat dan sekarang beliau sudah mencapai keinginan tersebut menjadi seorang penulis.  

Disela pembahasan beliau menyelipkan kata-kata bijak “Sebaik-baiknya manusia adalah yg mau berubah ke arah kebaikan dlm segela hal dan bermanfaat bagi orang lain”. Karena Allah tdk akan merubah nasib suatu kaum, kalau kaum itu tdk mau merubahnya sendiri.

Sebuah pepatah mengatakan " Dimana ada kemauan di situ ada jalan". Dan "Manjadda Wajadda' ( siapa yg bersungguh-sungguh pasti berhasil).

Pengalaman beliau dalam menulis yang dibimbing oleh muridnya Bu Emi yang sudah sukses menulis buku, dan selalu memotivasi beliau untuk menulis sebuah buku. Keinginan itu akhirnya saya  tindak lanjuti setelah ziarah haji ke Bu Emi Sudarwati oh luar biasa bukunya yg terbit sdh 300 lebih dan saya dimotivasi. Beliau tambah semangat setiap ada kegiatan beliau selalu didaftarkan oleh bu Emi ikut kegiatan tersebut dan beliau tidak ada menolak dan setelah selesai kegiatan buk Emi menantang beliau dengan menulis dan alhamdulillah dengan kemauan yang tinggi dan yakin beliau mampu menyelesaikan tulisannya dan menghasilkan buku. Dan banyak sekali kesuksesan dan keberhasilan beliau berkat kemauan yan tinggi dan yakin atas semua usaha yang silakukannnya. Om Jay adalah seorang motivator yang selalu mensuppor beliau banyak pengalaman Om jay yang membuat beliau lebih giat lagi untuk belajar menulis. Motivasi berupa mantera dari Om Jay sgt  luar biasa sampai hari ini sy sll ingat, " Menulislah setiap hari dengan hati,  buktikan apa yg terjadi” Ternyata betul Om Jay membuktikan dari tulisannya di blogg Setiap hari byk diterbitkan mjd buku dan laris manis menambah income keluarga Om Jay, bahkan ada yg diterbitkan di penerbit mayor,  Sampai Om Jay mendapat hadiah kUliah di China. Itulah keajaiban menulis setiap hari. Bahkan dapat Royalti bisa membuat rumah.

Saya hanya mengutip beberapa buah buku yang sudah diterbitkan beliau diantarnya :

1.        pertama yg terbit Buku solo saya dan karya bersama 55 Pantu Nasihat dan Antologi Pusat Belajar Guru Bojonegoro diterbitkan Kelompok Majas.

2.        16 Juni 2020 telah terbit 300 Buku antologi Guru dan Siswa SMP N1 Kedungpting hasil ujian Praktik Bahasa Indonesia  kls 9,  lwt Daring Krn Pandemi covid-19. Setiap Siwa dpt 1 buku.

3.        Dan banyak lagi buku lainnya yang sudah diterbitkan beliau silahkan dibaca diblog beliau https://cakinin.blogspot.com/2020/10/curiculum-vitae-html

Tips menulis dan menerbitkan buku N M A T M I :

1. NIAT KUAT DAN NEKAD  ( Nawaitul) menulis itu berbagi ilmu dan pengalaman  / menulis itu ibadah

2. MENCARI MENTOR

• Carilah pembimbing penulis sukses,

• Kalau ingin sukses bergaullah dg orang sukses ( kalau ingin wangi bertemanlah dg bakul minyak wangi)

3. A T M

AMATI (amati penulis sukses / mentor, cara dan gaya penulisannya)

TIRU

 • Tiru / ikuti apa dan bgmn yang dilakukan penulis sukses / mentor.

 • Tiru dlm arti menuri dg modifikasi. Judul boleh sama,  isi dan penyampaian pasti berbeda

4.                   MANUT

• Ikuti semua intruksi yg disarankan mentor,  apa yg dilakukan mentor  sampai jadi penulis sukses.

Biaya menerbitkan sebuah buku

1.  Cetak buku 70-75  hlm harga  @21.000

2. 100 hlm. Harga @ 23.500

3. 140 hlm harga @ 27.000

3. 150 hlm @ 30.000

4. 250 hlm. Harga @ 40.000

5. 300 hlm. Harga @  45.000

         Ini Rincian biaya cetak di saya Bapak Ibu ( Kamila Press.. )

A. Untuk cetak buku A5 70-80 halamn cetak 10 buku termasu biaya lay out, edit, cover sampul dan ISBN 750.000.

B. Untuk cetak buku A5.   100 hlm. 10 Eksplar ( 10 buku)  Biaya termasuk lay out, edit, cover sampul dan ISBN Rp 775.000 plus ongkir.

C.  Biaya cetak buku A5 cetak 10 buku 125 halaman 847.000

       Plus ongkir.

D.  Pak buku jenengan 150 halaman cetak A5 ( 10 eksemplar) termasuk biaya layout, edit, cover buku, USBN Rp 970.000.

       Plus ongkir

                       E .Untuk.cetak buku A5. 250.halm. 10 buku ( eksplar) 1.100.000

4 komentar:

  1. luar biasa bu resumannya. salam sukses...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah ya Allah, terimakasih banyak motivasi dan supportnya kepada bapak dan ibu, karena saya baru pemula dalam membuat sebuah resume.

    BalasHapus
  3. Mantaap resumenya... salam kenal..

    BalasHapus