Kamis, 15 Oktober 2020

VIDEO PEMBELAJARAN

 Materi resume ke 4

Senin 12 Oktober 2020 jam 19.00

Video Pembelajaran 

Seharian saya penuh mengajar, jika dirasa begitu capek badan ini, tapi saya masih semangat untuk mengikuti kegiatan kuliah Online ini, sambal berbaring dan saya sandar kepala dibantal saya menunggu jam yang sudah ditentukan. Semenjak dari awal kegiatan menulis ini saya merasa ada panggilan untuk selalu bisa meluangkan waku untuk belajar.

Masih ingat dipikiran ku bahwa dengan belajar kita bisa :

1. Untuk Memperoleh Pengetahuan

2.Menanamkan Konsep dan Keterampilan

3. Membentuk Sikap

Dan juga belajar itu tidak mengenal usia, ini adalah bapak-bapak yang berkarya diusia yang sudah senja. Tetapi beliau sukses dan berhasil. Dari pengalaman dan semangat beliau ini muncul motivasi bagi diri saya untuk belajar. Dari beliau saya kutip kata-kata penyemangat bagi saya yaitu : Om Jay dikenal dengan Bapak Blogger Indonesia (Menulislah setiap hari dengan hati,  buktikan apa yg terjadi), Bapak Abdul Hakim (KATA ADALAH SENJATA), Bapak Dedi Suhendi (Carilah ilmu sebanyak-banyaknya, semakin banyak ilmu kita tidak akan menyalahkan orang lain).

Bapak Hamzah lansung memperkenalkan diri dengan nada bicara yang tenang tenang tapi enak didiengarkan. Beliau memperkenalkan dirinya saya Hamzah Ramdhani guru IPS di SMP Bumi Raya kabupaten Morowali Kabupaten Sulawesi Tengah. Selain guru beiau juga diamanatkan sebagai duta rumah belajar yang berperan dalam hal sosialisasi konten Digital kepada guru-guru diseluruh Indoensia khususnya diwilayah Propinsi Sulawesi tengah. Terkait tulisan beliau cendrung menulis sesuatu yang formal seprti karya-karya ilmiah dan saya pernah juga membuat buku IPA panduan guru dan paanduan siswa berdasarkan kurikulum 2013 suplement pembelajaran dan mudul IPA.

Adapun karya-karya lain lebih banyak saya tuangkan kedalam video pembelajaran karena memang basic saya adalah Konten Creator .

Bapak ibuk yang kami hormati setiap manusia diberikan dan kecendrungan untuk menuangkan sesuatu kedalam tulisan saya lebih trifer menuliskan data dan fakta mungkin basic saya adalah saince

Ketertarikan seseorang membaca sebuah Tulisan pada pararaf pertama dalam sebuah tulisan akan mempengaruhi sikap pembaca untuk membaca suatu  tulisan.

Tetapi beliau tidak membahas materi tentang tulisan dan beliau menyampaikan dia tidak akan berbagi tentang menulis tetapi beliau hanya berbagi tentang bagaimana membuat suatu video pembelajaran yang menarik.

Diawal materi beliau membagikan video pembelajaran dan disuruh para peserta membuat Analisa dalam bentuk tertulis, analisanya bebas bisa ditinjau dari kejelasan informasi yang diberikan, tata letak gambar, keterangan-keterangan yang mendukung  atau apa saja bapak temukan dalam video pembelajaran tersebut.

Video yang dibagikan dengan judul : Sistem Gerak Pada Hewan dan Tumbuhan

Dari hasil analisis

Video 1: Suara jelas, animasi bergerak menarik, tulisan materi memperjelas konten, sehingga makin menarik dan mudah dipahami dari materi gerak tersebut.

Video 2: Suara kurang jelas, namun kita bisa melihat pengajar sehingga seperti bertatap muka.. Konten dan gambar juga sangat menarik

Jadi antara Video 1 dan ke 2 mempunyai kekurangan dan kelebihan, di video 1 semuanya sudah dikatakan sempurna tetapi kita tidak melihat wajah guru yang sedang memberikan amteri pelajaran tentu dalam saat pembelajaran daring ini untuk menjalin emosional yang baik dengan siswa sebaiknya kita membuat video hendaknya memang nampak wajah kita sebagai gurunya yang mengajar

Pada video ke 2, mungkin agak kurang disuaranya nadanya tinggi rendah dalam artian terkaadang kurang jelaas tetapi dalam video tersebut gurunya lansung yang berbicara pada pembelajaran terssebut, sangat cocok sekali video tersebut dipakai pada saat pembelajaran daring saat ini.

Kesimpulan saya antara kedua video tersebut akan lebih sempurna jika kedua video terssebut  digabungkan dan pasti siswa kita akan lebih mudah memahami pelajaran daring dalam kondisi saat ini.

Langkah-langkah membuat video pembelajaran

1.      Analisis KI-KD

2.      Analisis Kompetensi Inti - Kompetensi Dasar.

3.      Memilih indikator yang akan dibuatkan video pembelajaran

4. Mengumpulkan aset video

5. Proses perekaman

6. Editing video pembelajaran

7. Review dan Revisi    

7. Tujuannya agar video yang dibuat sesuai dengan kurikulum yang berlaku

Dalam pembuatan video pembelajaran bisa menggunakan

1. Semua video pembelajaran saya buat dengan HP pak 😁🙏

2. Tidak ada aplikasi editing video yang terbaik, yang terbaik adalah yang kita kuasai

Aplikasi yang beliau gunakan dalam Editing video adalah KineMaster. Agar mudah dalam proses rendering atau publish pastikan kita menggunakan yang full version (Resmi).

Dari sekian banyak aplikasi yang ada untuk membuat video pembelajaran disarankan aplikasi yang baik adalah aplikasi yang kita kuasa

Keuntungan menggunakan video pembelajaran dalam mengajar antara lain:

1.  Video dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktik.

2.   Video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang jika dipandang perlu.

3.      Selain mendorong dan meningkatkan motivasi,  menanamkan sikap dan segi-segi afektif lainnya.

4.   Video yang mengandung nilai-nilai positif dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa.Seperti slogan yang ada bahwa film dan video dapat membawa dunia ke dalam kelas.

5.  Video dapat ditunjukkan kepada kelompok besar atau kelompok kecil, kelompok heterogen, maupun perorangan.

Kutipan dari artikel :

 

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Aset video merupakan objek yang berisi informasi-informasi yang dibutuhkan dalam video. Aset dapat berupa foto, gambar, atau video.

Untuk mendapatkannya ada beberapa cara

1. Melalui google

2. Melalui freepik.com

3. Melalui Youtube

Upaya beliau dalam mencapai semua prestasi yang beliau dapatkan dengan cara :

1. Tetap semangat belajar

2. Tidak pernah membuat target juara

3. Memaksimalkan kemampuan

4. Mengikuti semua alur kegiatan secara maksimal

5. Berdoa dan berserah diri

Prestasi prestasi beliau adalah sebagai berikut :

1.      1. Juara 1 Gupres tingkat Propinsi 2017 dan Finalis Gupres Nasioanl 2017

2.      2. Duta Rumah Belaajr 2029

3.      3. Pendamping Guru Penggerral

4.    4.   Instruktur Nasional Kegiatan 2 Rumah Belaajr

5.      5. Juara 2 Inovasi Pembelajaran Masa Pandemi Tingkat Propinsi Sulteng 2020

6.    6.   Konten Kreator

 Dari semua pemaparan materi dari bapak Hamzah, saya mengambil kesimpulan dalam melalukan suatu usaha harus dengan bersungguh dan jangan membuat target untuk menjadi juara, tetapi kita mampu mengembangkan potensi yang kita miliki sesuai dengan kemampuan kitayang berguna bagi orang banyak dan peserta didik.

Salam sehat selalu bapak semoga semakin sukses dalam berkarier.

 

Wasallam saya Emidarwati, S.Pd

Dari SMP Excellent Nurul Ikhlas, Kab.Tanah Datar, Padang, Sumatera Barat


4 komentar:

  1. Jadi komentator yang pertama.
    Tulisannya sangat bagus. Dan sesuai dengan materi pelatihan yang lalu.

    Tapi kok ada poin-pin yang diblok putih ya? Ya, untuk tahap awal, sudah mantap, lah!

    Tetap semangat menulis ya!

    BalasHapus
  2. terimaksih banyak,atas masukannya, semoga kedepannya saya lebih baik lagi.

    BalasHapus
  3. Mantap bu lengkaso sekali resumenya..
    To knp sy ga bisa klik tautannya yah? Atau ho sy lg eror, maaf, terus semangat ya...

    BalasHapus
  4. semangat bu...kita sukses bersama...

    BalasHapus